Senin, 09 Januari 2017

Benda-Benda Yang Wajib Untuk Dibersihkan

membersihkan prabot

Biasanya orang akan malas jika disuruh membersihkan benda-benda di rumah, tapi untuk beberapa benda berikut sepertinya wajib untuk dibersihkan, seperti yang audiodrdbeats.com kutip dari liputan6.
Setiap orang biasanya memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam membersihkan barang-barang di rumah. Namun apakah Anda benar-benar mengetahui seberapa sering barang-barang tersebut harus dibersihkan?

Bukan apa-apa, adakalanya jika terlalu sering dibersihkan malah akan merusak kualitas barang, namun jika tidak dibersihkan juga bisa membuat bakteri menumpuk. Serba salah kan?!

Simak juga: Tips Menggunakan Jasa Bersih Rumah Online

Nah, untuk menjaga rumah Anda agar selalu dalam kondisi yang bersih, segar, dan bebas bakteri, maka simak panduan dari Rumah.com berikut tentang daftar barang yang harus dibersihkan plus waktu pembersihan yang disarankan.

1. Seprai: Satu kali dalam seminggu

Penyakit asma dan eksim bisa dipicu oleh tungau debu yang berkumpul di seprai yang kotor. Cuci dengan suhu air hangat dan keringkan di bawah sinar matahari

2. Bantal: Setiap 3 – 6 bulan sekali

Penelitian membuktikan bahwa berat bantal meningkat dari waktu ke waktu karena banyaknya tungau debu yang menumpuk. Anda bisa mencuci bersih bantal dengan tangan atau mesin cuci.

3. Celana Jins: Setiap setelah 4 – 5 pakai

Ukuran celana jins setiap selesai dicuci biasanya akan menyusut. Itu sebab mengapa celana jins ini sebaiknya harus dipakai beberapa kali terlebih dahulu sebelum dicuci. Pastikan Anda membalik celana jins ini dari dalam keluar ketika mencucinya. Gunakan air dingin dan jemur hingga kering.

4. Handuk Mandi: Setiap 1 minggu sekali

Asalkan handuk selalu dikeringkan setiap habis dipakai, maka mencuci setiap 1 minggu sekali sudah cukup. Perhatikan pencucian agar tidak terlalu banyak deterjen karena akan membuat bentuk handuk berubah.

5. Jendela: Setiap 2 tahun sekali

Bersihkan jendela bagian dalam dan luar. Gunakan spons dan cairan sabun pembersih kaca, kemudian tarik dari atas kebawah menggunakan alat khusus.

6. Kasur: Setiap 6 bulan sekali

Meskipun ukuran kasur besar namun cara membersihkannya cukup mudah. Pertama gunakan penghisap debu di bagian permukaan, kemudian hilangkan noda (bila ada) menggunakan lap basah dan sedikit cairan sampo.

7. Oven: Setiap 6 bulan sekali

Lepas rak dari oven dan rendam dengan air hangat. Bersihkan bagian dalam dengan cairan pembersih khusus dan diamkan beberapa saat. Lap sampai bersih hingga kering.

8. Karpet: Setiap 1 tahun sekali

Karpet yang rutin dibersihkan setiap hari dapat membantu kualitas udara di dalam rumah, karena dapat menyingkirkan hal yang memicu alergi seperti debu. Pembersihan besar bisa dilakukan satu tahun sekali dengan merendamnya di dalam air hangat.

9. Tempat Cuci Piring: Setiap hari

Tempat ini memiliki mikroorganisme tertinggi di dalam rumah karena banyaknya sisa makanan di tempat tersebut. Bersihkan menggunakan semprotan disinfektan dan kain lap.

10. Kulkas: Satu minggu sekali

Untuk memastikan kulkas Anda selalu aman digunakan untuk menyimpan makanan, bersihkan paling tidak satu minggu sekali. Bersihkan bagian dalam dan bagian luar dengan campuran white vinegar dan air. Buka pintu kulkas selama beberapa saat hingga kering.

Related Posts

Benda-Benda Yang Wajib Untuk Dibersihkan
4/ 5
Oleh