Jumat, 24 Maret 2017

Pelajari Hal Ini Sebelum Memutuskan Beli Rumah Tua

Jual Beli Rumah Tua

Masalah dana merupakan sala satu pertimbangan utama ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah hunian untuk tempat tinggal. Tidak sedikit masyarakat yang harus dihadapi dengan pilihan membeli rumah second atau rumah bekas pakai akibat dana yang tidak mencukupi. Tak hanya beli rumah second, namun beli rumah tua pun sering kali dijadikan pilihan utama ketika dana yang memaksa keadaan. Hal ini sangat wajar terjadi dikalangan masyarakat mengingat harga rumah dijual yang semakin lama semakin meningkat tajam. Seolah tidak ada lagi pilihan lain yang lebih menguntungkan mayoritas masyarakat akan memilih untuk beli rumah bekas atau beli rumah tua yang kemudian direnovasi kembali sehingga cukup layak untuk dihuni. 

Sebelum kamu memutuskan untuk menempati rumah tua yang kamu beli atau memutuskan untuk beli rumah tua sebagai hunian sebaiknya pelajari terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.


Tips Sebelum Beli Rumah :


Kondisi Bangunan
Pastikan untuk memilih kondisi bangunan yang cukup bagus dan layak sehingga tidak memerlukan terlalu banyak renovasi. Periksa seluruh bangunan dan ruangan pastikan untuk tidak beli rumah tua yang memiliki kondisi kerusakan dan cacat yang cukup parah atau memiliki masalah tertentu seperti riwayat pemilik sebelumnya.

Legalitas
sebelum membeli dan menyetujui kesepakatan untuk beli rumah tua yang kamu pili. Pastikan bahwa surat –surat keterangan rumah dan kelengkapan surat yang diberikan oleh pemilik memiliki legalitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Kamu bisa memeriksa identitas penjual dengan identitas yang ada dalam dokumen yang diberikan apakah sesuai atau tidak. Periksa juga surat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan untuk memastikan luas bangunan sesuai dengan yang tertulis pada surat PBB dan IMB. Yang paling penting ialah memastikan bahwa rumah bebas dari sengketa atau sertifikat yang tidak legal.

Siapkan Dana Darurat
Dana darurat ini sangat perlu disediakan. Karena layaknya barang bekas lainnya yang memerlukan perawatan khusus. Rumah tua pun memiliki kondisi yang sangat memerlukan perhatian dan perawatan atau renovasi khusus. Kamu harus menyediakan dana atau budget khusus untuk melakukan perbaikan.


Cara Hemat Renovasi Rumah Tua :


Focus Pada Kerusakan Atau Cacat
Sebelum melakukan renovasi secara menyeluruh kamu harus memastikan kerusakan dan cacat yang terdaat pada rumah tua yang kamu beli. Bila perlu catat apa saja kerusakan dan cacat yang harus kamu perbaiki. Jika tidak terlalu parah kamu tidak perlu membongkar sebagian besar rumah untuk mempercantik kondisi rumah tua. Kamu bisa mempertahankan bangunan atau material yang masih kuat dan cukup baik untuk digunakan. Hal ini akan cukup menghemat pengeluaran biaya renovasi.

Renovasi Dinding
Cukup lakukan pengecatan di daerah luar rumah tua saja untuk menampilkan kesan baru pada rumah. Selebihnya untuk bagian dalam kamu bisa berkreasi dengan ide – ide kreatif mu untuk menghemat pengeluaran seperti misalnya dengan menghias dinding dengan kreasi tangan, menempelkan bubur kertas Koran untuk membuat tekstur dinding timbul sebelum di cat atau melukis sisi tembok dengan pop art atau abstrak dengan menggunakan sisa cat area luar rumah. Cara ini bisa menyulap rumah tua menjadi spot yang cukup fotogenic.

Persiapan Matang
Kamu harus membuat rancangan dan konsep sejak lama sebelum melakukan perbaikan pada rumah dijual yang kamu beli. Kamu bisa memulainya dengan merancang desain dan menentukan fungsi setiap ruangan yang ada kemudian merinci keperluan dan kebutuhan material yang akan digunakan untuk memperbaiki rumah tua, setelah itu kamu bisa melakukan survey ke beberapa toko bangunan untuk mendapatkan material dengan harga paling rendah dengan kualitas terbaik. Lakukan perbaikan dan renovasi pada waktu yang tepat, jangan memaksakan diri untuk melakukan renovasi atau perbaikan saat musim hujan, karena akan memerlukan waktu yang cukup panjang. Lakukan renovasi pada saat waktu musim kering atau kemarau.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pelahari ketika memutuskan untuk beli rumah tua. Tidak sedikit rumah dijual dengan kondisi bekas pakai dengan usia bangunan yang sudah cukup lama. Kamu bisa dengan cukup mudah untuk menemukannya. Pilih rumah tua yang paling menguntungkan dengan lokasi yang cukup strategis untuk melakukan berbagai aktivitas rutin yang kamu lakukan, akses yang mudah, fasilitas umum yang memadai hingga lingkungan yang ramah dan aman.

Related Posts

Pelajari Hal Ini Sebelum Memutuskan Beli Rumah Tua
4/ 5
Oleh