Jumat, 10 Maret 2017

Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Segar Lebih Lama

Menyimpan bahan makanan agar selalu segar merupakan pekerjaan yang gampang - gampang mudah. Setiap orang tentunya ingin setiap bahan makanan yang dimilikinya tetap segar sebelum dimasak dan sebelum dikonsumsi langsung. Jika kamu masih sering kesal dengan beberapa bahan makan yang seringkali cepat berbau asam, berair atau justru kisut kering dan berjamur meskipun sudah disimpan di dalam kulkas. Simak berikut beberapa tips untuk menyimpan bahan makanan agar selalu segar di dalam kulkas.

Kulkas Dua Pintu ES.id


Pertama, hindarkan bahan makanan dari benda berbau tajam. Saat menyimpan bahan makanan usahakan bahan makanan ataupun benda yang berbau tajam tidak berada di dekat makanan. Makanan akan lebih cepat berbau tidak sedap bahkan hingga asam ketika berada di dekat makanan lain atau benda berbau tajam. Benda berbau tajam akan mempengaruhi bau makanan yang kamu simpan di dekatnya dalam jangka waktu tertentu.

Kedua, rendam sayuran yang terlanjur kisut kering ke dalam air. Sebelum memasukan sayuran sudah terlanjur kisut dan kering, sebaiknya rendam dulu dalam air dingin beberapa jam. Setelah direndam sayuran sebaiknya ditiriskan hingga kering dan baru dimasukkan ke dalam kulkas. Perlu diingat menyimpan bahan makanan dalam keadaan basah di dalam kulkas apalagi jika dibungkus dengan plastik akan mempercepat pembusukan.

Ketiga, masukan bahan makanan ke dalam toples kedap udara. Khusus untuk bahan makanan kering sebaiknya disimpan di dalam toples kedap udara agar tidak terjadi proses oksidasi dengan udara dan kelembapannya terjaga. Selain itu memasukan bahan makan kering ke dalam kulkas dengan toples plastik membuat penataan kulkas menjadi lebih rapi dan bersih.

Keempat, bersihkan kulkas dengan teratur. Sisa sayuran, air, atau makanan yang tertinggal di dalam kulkas harus segera dibersihkan. Sisa - sisa bahan makanan lain di kulkas akan membuat kulkas kotor, mudah berbau busuk, dan membuat tumbuh jamur yang kemudian mencampuri bahan makanan lainnya. Sebaiknya bersihkan secara teratur seminggu sampai dengan dua minggu sekali.

Kelima hindari kulkas penuh. Kulkas penuh dengan bahan makanan apalagi dengan penataan yang tidak teratur akan membuat dingin yang dihasilkan kulkas tidak merata ke semua bagian. Selain itu tentunya akan menyulitkan kamu untuk mencari bahan makanan di dalam kulkas, dan membuat sisa makanan tersembunyi di sela - sela bahan makanan lain tidak terlihat. Sebaiknya kategorikan penyimpanan kulkas sesuai dengan kategori bahan makanan dan tempatkan pada ruang yang tepat akan membuat bahan makanan lebih segar saat disimpan.

Keenam, ganti kulkas kamu yang sering tidak muat. Jika kamu merasa kulkas sudah tidak mampu memenuhi fungsinya, ini saatnya mengganti dengan kapasitas kulkas yang lebih besar. Jika kamu berniat membeli kulkas, ES.id adalah tempat yang tepat. Toko online ES.id ini menyediakan kulkas dua pintu yang dapat kamu lihat melalui link ini. Kemudian jika kamu menginginkan peralatan elektronik lengkap lainnya dari ES.id dapat kamu cek di link ini. Ayo segera perbarui peralatan elektronik kamu seperti kulkas dua pintu kamu hanya di ES.id dan simpan bahan makanan kamu lebih leluasa dengan kulkas dua pintu yang lebih besar.

Related Posts

Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Segar Lebih Lama
4/ 5
Oleh