Sabtu, 17 Juni 2017

Siapkan 7 Hal Ini Sebelum Membangun Rumah

Jasa Tukang Bangunan Sejasa.com Indo

Apakah Anda sedang merencakan untuk membangun rumah impian? Tentu Anda akan menemukan beberapa pertanyaan mengenai proses pembangunan rumah. Ada tujuh hal yang perlu Anda persiapkan sebelum membangun rumah. Hal ini perlu diketahui agar demi kelancaran Anda saat membangun rumah nantinya.

Uang
Sebisa mungkin, uang harus dipersiapkan dengan baik untuk bisa memulai pembangunan sebuah rumah. Hal ini tentu karena uang tersebutlah yang akan digunakan untuk membayar berbagai macam keperluan sejak awal membangun. Dimulai dari membeli tanah, membeli bahan material, membayar jasa tukang bangunan, dan juga untuk membeli furnitur untuk mengisi rumah Anda. Selain itu, juga pastikan bahwa Anda masih memiliki tabungan untuk keperluan sehari-hari dan kebutuhan jangka panjang.

Lahan
Jika sebelumnya Anda masih belum mempunyai lahan sebagai tempat untuk membangun rumah, maka Anda harus mencari lahan yang tepat untuk dibangun rumah. Carilah lahan dengan beberapa pertimbangan utama seperti luas tanah, lokasi, harga, dan juga fasilitas sekitar. Jangan lupa untuk memastikan bahwa peruntukkan tanah tersebut adalah untuk tempat tinggal ke dinas yang bersangkutan, jika tidak maka akan menjadi sebuah masalah baru.

Perizinan
Sebagai negara yang hidup berlandaskan hukum, tentu dalam hal mendirikan bangunan juga ada hukum yang mengaturnya. Hal ini diatur dalam undang-undang bahwa pembangunan suatu gedung atau rumah dapat dilaksanakan setelah rencana teknis bangunan gedung disetujui oleh Pemerintah Daerah dalam bentuk izin mendirikan bangunan atau yang biasa sering disebut dengan IMB. Jika Anda tidak mengantongi izin untuk mendirikan bangunan, tentu akan ada sanksi yang menanti. Mulai dari sanksi administratif penghentian sementara sampai mendapatkan izin, hingga denda maksimal sepuluh persen dari nilai bangunan tersebut.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Penting untuk menyusun rencana anggaran biaya atau yang biasa disingkat dengan RAB. Karena RAB ini berfungsi sebagai acuan dasar untuk perhitungan anggaran sebelum membangun sebuah rumah. Rincian biaya dan harga-harga berbagai macam kebutuhan dicatat secara detail dan diperhitungkan dengan sebaik-baiknya. Perlu adanya perencanaan dan perhitungan anggaran yang matang sebelum mulai membangun rumah. Hal ini juga berfungsi sebagai kontrol agar ketika proses pembangunan nanti sudah dimulai bisa tetap berjalan dengan lancar karena anggaran biayanya sudah dipersiapkan dengan baik.

Tukang Bangunan
Dalam proses membangun rumah, tentu Anda memerlukan bantuan tukang bangunan. Pilihlah tukang yang sudah memiliki banyak pengalaman dan terampil dalam hal membangun gedung atau rumah. Mintalah saran dari saudara atau kerabat yang sudah berpengalaman untuk bisa mendapatkan tenaga kerja yang baik. Jika tenaga yang Anda pekerjakan adalah tenaga yang sudah ahli dalam bidangnya dan juga jujur, maka pekerjaan pembangunan rumah Anda akan lebih cepat selesai dan tentunya akan membantu Anda menghemat anggaran. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan jasa tukang harian atau jasa tukang borongan. Jasa tukang harian tentunya upahnya akan Anda bayarkan setiap hari. Sedangkan untuk jasa tukang borongan, Anda bisa memilih untuk membayarnya sesuai dengan satuan per m2  yang telah dikerjakan atau per proyek pekerjaan yang dilakukan.

Material
Beberapa jasa tukang bangunan juga ada yang menyediakan untuk mempersiapkan bahan material sekaligus. Anda bisa mempertimbangkan hal ini karena jika Anda menyerahkan langsung ke tukang bangunan, tentu akan menghemat waktu karena tidak perlu melakukan survei harga dan melakukan perbandingan material. Tapi perlu diingat bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa harga-harga material tersebut akan dimark-up oleh tukang bangunan tersebut. Namun, yang paling penting pilihlah bahan material yang bermutu baik karena penting untuk mengutamakan kualitas.

Jadwal Pembangunan
Setelah menyiapkan jasa tukang bangunan dan material bangunan, maka selanjutnya adalah menyusun jadwal pembangunan. Karena pembangunan rumah memiliki beberapa jenis pekerjaan, maka perlu diatur dengan baik jadwal dan durasi pekerjaan agar bisa berjalan sesuai dengan rencana awal. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan keadaan cuaca. Hindari pelaksanaan pembangunan di musim hujan, karena pastinya akan semakin mengulur waktu proses pengerjaan pembangunan rumah.

Related Posts

Siapkan 7 Hal Ini Sebelum Membangun Rumah
4/ 5
Oleh