Rabu, 19 Juli 2017

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Pajak di Indonesia

Pengertian Pajak

Mungkin Anda tidak asing lagi mendengar kata pajak. Ya, iuran yang Anda sumbangkan setiap bulannya itu adalah pajak. Namun, tak jarang pula masyarakat yang belum memahami tentang pajak. Bagi Anda yang belum paham apa itu pajak, simak penjelasan sederhana mengenai pengertian pajak di bawah ini:

-    Pajak merupakan pungutan dari negara kepada warga negaranya sesuai dengan undang-undang atau peraturan pelaksanaannya.

-    Pemungutan dapat dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Oleh karena itulah ada istilah pajak pusat dan pajak daerah.

-    Hasil pungutan pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran pemerintah.
 
Sebagai warga Indonesia yang baik, kita semua harus memahami tentang pengertian pajak dan kondisinya lebih jauh lagi, berikut empat hal yang perlu Anda ketahui mengenai pajak di Indonesia.
 
1.    Tingkat Kepatuhan Pajak di Indonesia Rendah
Menurut Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan, tingkat kepatuhan masyarakat Indonesia terhadap pajak sangat rendah. Pasalnya, dari 32 juta wajib pajak terdaftar, hanya 20 juta wajib pajak telah menyerahkan SPT. Hal ini menunjukan bahwa dari 250 juta jiwa, belum sampai setengahnya membayar pajak dengan benar.
 
2.    Misteri Tax Amnesty
Ini dianggap sangat kontroversial, pasalnya banyak masyarakat beranggapan bahwa tax amnesty malah menyasar ke seluruh rakyat (termasuk rakyat kecil). Padahal, tax amnesty seharusnya ditujukan kepada WNI yang menyimpan hartanya di luar negeri. Satu hal lagi, dengan adanya tax amnesty ini, dana-dana “siluman” bisa jadi aman, asalkan pemiliknya mau bayar pajak!
 
3.    Korupsi Pajak
Sebagai contoh kasus Gayus Tambunan. Ya, sangat membuat seluruh elemen masyarakat geram, terutama rakyat kecil. Bayangkan saja, masyarakat capek-capek nyumbang, menyisihkan hartanya untuk negara, eh malah dimakan sama oknum pegawai negeri. Ini baru korupsi pajak, belum lagi korupsi yang lain. Semoga oknum-oknum tersebut diberi hidayah sama Tuhan, ya.
 
4.    Pajak Memiliki Empat Fungsi dan Peranan
1)    Fungsi Stabilitas
Bertujuan untuk menjaga keseimbangan harga sehingga dapat menghindari inflasi.
2)    Fungsi Anggaran
Pembangunan jembatan, belanja negara, semua itu termasuk ke dalam fungsi anggaran dari pajak.
3)    Fungsi Retribusi Pendapatan
Ini bertujuan untuk membiayai kepentingan umum. Salah satunya yaitu untuk meningkatkan lapangan kerja, sehingga akan mengurangi pengangguran.
4)    Fungsi Regulatif
Fungsi regulatif pajak ini dimaksud bahwa pemerintah kita memiliki peluang yang baik dalam mengatur pertubuhan ekonomi negara melalui kebijaksanan pajak tersebut.
 
Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian pajak, dan empat hal yang perlu Anda ketahui mengenai pajak di Indonesia. Semoga dengan informasi ini, tingkat sukarela Anda dan kita semua untuk membayar pajak bisa meningkat lagi. Jangan ragu untuk bayar pajak, ya.

Related Posts

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Pajak di Indonesia
4/ 5
Oleh