Helzz.com

Blog HelDa

Sabtu, 27 Januari 2018

Kenali Vitamin yang Tepat untuk Kucing Anda

Nutrisi Penting Untuk Kucing
 Kesehatan kucing adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat memelihara kucing. Kucing yang sehat bisa bertingkah sangat aktif dan bisa menghibur Anda. Sedangkan kucing yang sakit akan lesu. Anda bisa menyiasati kucing yang sakit dengan memberi vitamin. 
Tapi, sebelum memberi mereka vitamin untuk berbagai masalah yang dihadapinya, Anda harus tahu dulu serba-serbi vitamin kucing ini. semisal keadaan yang mengharuskan pemberian vitamin serta beragam jenis vitamin yang bisa diberikan pada kucing. Ingat, tak semua vitamin dibutuhkan oleh kucing, lho! 

Perlukah Memberi Vitamin pada Kucing?

Bila Anda dihadapkan pada pertanyaan seperti ini, apa yang akan Anda jawab? Ya atau tidak? Sebenarnya jawabannya bisa kedua-duanya, kok! Vitamin untuk kucing sebenarnya adalah salah satu jenis suplemen yang bisa diberikan untuk kucing Anda untuk menambah energi dan gizinya. Jenis suplemen lainnya bisa berupa protein, serat atau kombinasinya. 

Jadi, Anda harus tahu bahwa suplemen bukanlah makanan utama bagi kucing melainkan hanya sebagai pelengkap saja. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tak terlalu merisaukan apakah harus memberi kucing Anda tambahan vitamin atau tidak. Asalkan kebutuhan gizi mereka tercukupi dalam makanannya, Anda tidak perlu lagi memberikannya pada kucing Anda. 

Pemberian Vitamin pada Kucing yang Diharuskan

Nah, perlu Anda ketahui juga, ada beberapa keadaan yang mengharuskan Anda memberi vitamin pada kucing Anda. Misalnya saat kucing Anda sakit, kekurangan gizi atau disebut juga defisiensi nutrisi ataupun kucing dalam masa hamil atau menyusui. Untuk kucing yang yang sakit dan tak mau makan, Anda bisa memberikan mereka Vitamin B khusus kucing. 

Bila kucing Anda mengalami keadaan defisiensi nutrisi atau keadaan di mana kucing Anda mengalami masalah kesehatan yang membuatnya tidak bisa menyerap kondisi tertentu dan pastinya akan membuat mereka kekurangan gizi, pemberian tambahan vitamin juga diharuskan. Ambil contoh seekor kucing yang terkena penyakit usus kecil. 

Saat mengidap penyakit ini, kucing tidak akan bisa menyerap Vitamin B folate dan cobalamine. Jadi, jalan keluarnya adalah dengan memberikan suntikan dua jenis vitamin tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan untuk keadaan ketiga, yakni saat mereka dalam keadaan hamil dan menyusui, Anda juga bisa memberikan mereka tambahan vitamin. 

Ini berguna untuk memperkuat janin mereka dan mencegah adanya defisiensi nutrisi yang juga bisa dialami kucing hamil dan menyusui. Nutrisi penting untuk kucing, terlebih untuk kucing yang sedang sakit, defisiensi nutrisi dan kucing yang hamil dan menyusui. Untuk itu, jangan ragu memberi mereka vitamin, ya! 

Jenis Vitamin dan Suplemen yang Bisa Diberikan pada Kucing
Saat memberikan tambahan vitamin dan suplemen pada kucing, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenisnya juga. Suplemen kucing ada yang terdiri atas vitamin dan mineral yang bisa Anda berikan saat kucing sakit. Selain itu, ada Omega 3 yang akan menjaga imunitas si kucing. 

Anda juga bisamemberi mereka Probiotik yang akan membantu masalah pencernaan kucing Anda. Sebab, Probiotik mengandung mikroorganisme yang sangat baik bagi pencernaan yakni Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus casei. 

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pemberian vitamin pada kucing. Mulai dari kondisi yang mengharuskan Anda memberikannya, sampai beberapa jenis vitamin dan suplemen yang bisa Anda berikan. Anda harus ingat, boleh memberi vitamin pada kucing, tapi jumlahnya harus sesuai, ya! Jangan terlalu banyak karena bisa membahayakan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar