Helzz.com

Blog HelDa

Selasa, 20 Maret 2018

6 Unsur yang Pengaruhi Fakta & Gagasan dalam Berita Nasional

Berita Terkini
Dalam sebuah berita, baik itu berita nasional ataupun berita regional dan internasional, ada yang namanya fakta dan gagasan yang mendukung berita tersebut. Nah, ternyata fakta dan gagasan ini tidak berdiri sendiri. Ada berbagai unsur yang mempengaruhi kedua hal ini dalam sebuah berita. 
 
Unsur-unsur pendukung dari fakta dan gagasan ini adalah hal yang menjadikan berita menarik dan layak dibaca. Sebab, informasi yang ada dalam unsur fakta inilah yang menerbitkan ketertarikan orang terhadap apa yang mereka lihat di sebuah berita. Lalu, sebenarnya apa saja unsur yang mempengaruhi fakta dan gagasan dalam sebuah berita itu? 

1. Significance
Salah satu hal yang bisa mempengaruhi fakta dan gagasan dari suatu berita adalah significance atau penting. Unsur tersebut berupa kejadian yang dapat mempengaruhi orang banyak ataupun berdampak pada suatu kejadian. Dampak tersebut, akhirnya berakibat pada kehidupan pembaca atau pendengar dari berita yang dibuat. 

Misalnya saja berita mengenai masalah kesehatan seperti wabah Difteri beberapa waktu lalu. Dalam sebuah berita yang memiliki unsur fakta ini, penting bagi pembaca atau pendengar mengetahui fakta ini. Dengan mengetahuinya, mereka bisa melakukan tindak pencegahan sedini mungkin agar penyakit ini tidak menyerang mereka. 

2. Magnitude
Lalu ada magnitude atau besaran. Unsur yang mendukung fakta di berita nasional terkini ini juga bisa mempengaruhi. Unsur ini meliputi beragam kejadian yang menyangkut angka-angka berarti bagi kehidupan banyak orang. bisa juga diartikan sebagai kejadian yang berakibat besar bagi orang sehingga menarik minat para pembaca atau pendengar. 

3. Timeless
Unsur ketiga yang mempengaruhi fakta dan gagasan adalah timeless atau waktu. Unsur ini menyangkut kejadian yang baru-baru terjadi atau baru ditemukan. Biasanya, hal ini disebut juga dengan aktual. Penyampaian berita dengan unsur ini harus secepatnya dan sejelas mungkin. 

Sebab, seperti halnya makanan, berita memiliki masa kedaluwarsa. Berita yang terjadi hari ini dan dalam skala besar punya kemungkinan lebih besar menarik perhatian pembaca bila diberitakan saat itu juga dibanding berita kemarin yang memiliki skala tak jauh berbeda. 

4. Proximity
Unsur berikutnya yang mempengaruhi fakta dan gagasan dalam berita nasional ataupun berita regional dan internasional adalah proximity atau kedekatan. Unsur kedekatan ini bisa meliputi keadaan geografis ataupun emosional. Misalnya, bila terjadi suatu bencana di wilayah yang dekat dengan daerah B, maka bencana tersebut akan lebih menarik perhatian di daerah itu. 

5. Prominence
Prominence atau unsur kepopuleran ada dalam unsur yang mempengaruhi fakta dan gagasan berikutnya. Unsur ini meliputi hal yang sangat dikenal pembaca ataupun pendengar. Misalnya saja berita mengenai artis ataupun presiden. Berita jenis ini akan dengan mudah menarik perhatian pembaca ataupun pendengar setianya. 

6. Human Interest
Lalu ada unsur human interest atau manusiawi. Unsur ini adalah unsur yang mempengaruhi di bidang sentuhan perasaan bagi para pembaca. Biasanya, berita ini menyangkut kejadian luar biasa yang dialami oleh orang yang biasa. Bisa juga sebaliknya. Kejadian biasa yang meliputi orang luar biasa. Berita seperti ini biasanya juga menarik banyak minat pembaca. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu, kan apa saja yang mempengaruhi fakta dan gagasan dalam suatu berita nasional ataupun berita regional dan internasional? Maksud mempengaruhi di sini bukan berarti bisa menggeser maksud fakta dan gagasan yang disampaikan itu, namun lebih kepada ketertarikan pembaca dalam membaca berita yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar