Helzz.com

Blog HelDa

Kamis, 06 September 2018

Sebelum Belanja Online, Yuk Simak 6 Tips Menjadi Pembeli Cerdas Ini

Tak heran jika di jaman mmodern ini masyarakat lebih memilih belanja online daripada offline. Belanja online sangat memudahkan pembeli dan lebih praktis. Pembeli tidak perlu ke toko melainkan hanya perlu membayar dengan kartu lalu menunggu barang yang dipesan datang. Kendati demikian, tidak sedikit yang belum mengetahui cara-cara aman berbelanja di toko online. 

Belanja Online  Blibli

 
Belanja di toko online sangat membutuhkan kehati-hatian yang ekstra. Meski memudahkan, namun tetap ada resiko yang bisa saja terjadi. Entah itu tertipu maupun rugi. Ya, bisa jadi barang yang sudah dipesan tidak sesuai dengan gambar atau bahkan barang tidak sampai padahal sudah membayar. 
 

6 Tips Menjadi Pembeli Cerdas

Nah agar kamu benar-benar mendapatkan manfaat dari kemudahan belanja online, pastikan kamu menjadi pembeli yang cerdas ya. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan di bawah ini.
 
Mempercayakan Uang Pada Situs yang Memang Terpercaya dan Aman
Dewasa ini sangat banyak sekali situs yang menjual berbagai macam barang. Misalnya saja produk makanan, pakaian, elektronik, produk kecantikan, dan keperluan rumah tangga tersedia dalam satu situs. Ada juga yang jualan di Facebook dan Instagram. Sebelum mengambil keputusan untuk membeli barang tersebut, pastikan terlebih dahulu situs atau penjualnya terpercaya.
 
Bagaimana cara memastikan bahwa situs tersebut benar-benar terpercaya? Caranya pastikan pada situs tersebut mencantumkan alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Disamping itu juga cari tahu ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di situs itu sebelumnya. 
 
Apabila kamu mendapati banyak tanggapan positif berarti situs ini memang benar-benar terpercaya. Namun jika ada tanggapan negatif ini menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Seberapa profesional situs tersebut dalam menanggapinya.
 
Lawan Rasa Malas dengan Membaca Peraturan Kebijakan Situs
Biasanya kamu suka malas membaca sampai habis mengenai peraturan dalam bertransaksi. Karena bahsanya yang kaku dan isinya yang sangat detail menjadikan lebih suka asal pencet “Ya”, “Saya Setuju” saja. Padahal hal ini wajib untuk diperhatikan dan disimak dengan teliti. Dengan menyimak kamu akan mengetahui apa saja yang harus dilakukan pembeli ketika kejadian yang tidak diinginkan terjadi. 
 
Disamping itu, yang harus diperhatikan lagi adalah bagaimana situs tersebut menjaga data pribadimu. Sangat penting untuk menyimpan baik-baik segala informasi tentangmu.
Pastikan Barang Tersebut Memiliki Kualitas Jangan Tergiur Dengan Harga Barang yang Murah.
 
Jangan sampai tergiur dengan harga murah yang ditawarkan situs tersebut
Ini sangat penting, terlebih lagi belanja online. Jangan hanya memperhatikan harga apabila kamu akan membeli barang, tetapi perhatikan juga kualitas barang tersebut. 
 
Utamanya barang-barang jenis elektronik. Ada sebagian toko online yang menawarkan harga jauh dibawah harga pasar. Untuk itu, pastikan dengan benar barang tersebut benar-benar berkualitas atau tidak. 
 
Jangan Menggampangkan Rincian Produk yang Tersedia
Pasti ada rincian produk yang akan dibeli di setiap situs jual beli. Apabila tertarik untuk membeli keperluan rumah tangga pastikan barang tersebut dalam kondisi baik. Perhatikan ukuran barang yang terdapat pada gambar, dan perkirakan jika produk tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila masih ragu tidak ada salahnya untuk menanyakan langsung ke toko online tersebut.
 
Teliti Dulu Ukuran yang Sesuai Dengan Badan Apabila Berbelanja Baju, Celana, atau Sepatu.
Jika kamu belanja baju, pastikan jangan sampai salah ukuran dan model. Jangan langsung beli saja dengan alasan baju itu terlihat bagus. Bisa jadi bagus di badan model namun belum tentu pas di badanmu. Periksalah ukuran yang sesuai dengan ukuran badanmu. Begitu juga dengan sepatu, perhatikan juga ukuran dan bahan yang tercantum pada rincin produk. 
 
Memilih Situs yang Menyediakan Fasilitas Pembayaran COD (Cash On Delivery)
Dengan menggunakan sistem pembayaran langsung saat menerima barang dapat memperkecil risiko pembelian barang secara online. Apabila daerah dimana tempat tinggalmu jauh dari jangkauan COD pilihlah jalur pembayaran lain yang aman, seperti halnya kartu debit.
 
Itulah 6 tips yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi pembeli yang cerdas. Mengingat ketika belanja online kamu tidak bisa memeriksa produk secara langsung, pastikan kamu berhati-hati saat berbelanja ya. Mulailah dengan memilih toko online atau marketplace terpercaya agar produk yang dibeli sesuai dengan harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar