Helzz.com

Blog HelDa

Minggu, 21 Oktober 2018

Perbedaan Minyak Goreng Sawit Dan Kelapa

Minyak Goreng Murah

Salah satu kebutuhan rumah tangga khususnya dapur untuk masak adalah minyak goreng, minyak goreng ada yang dijual mahal dan ada juga minyak goreng murah. Ada banyak macam-macam minyak goreng yaitu minyak goreng sawit dan minyak kelapa, minyak goreng sawit merupakan minyak yang berkembang didaerah tropis, dibandingkan minyak lain kelapa jenis ini menghasilkan lebih banyak minyak dibandingkan jenis minyak lain. 

Selain digunakan untuk memasak, minyak ini juga digunakan untuk bahan bakar, selain itu ternyata minyak ini memiliki manfaat untuk kesehatan, diantaranya mampu meningkatkan energy, untuk menjaga kesehatan mata, untuk mencegah kardiovaskular, mencegah kanker, untuk kesehatan wanita hamil, mampu meningkatkan fungsi tubuh, mencegah penyakit otak, menjaga kesehatan tubuh dan masih banyak lagi lainnya. 

Sedangkan minyak kelapa seperti yang diinformasikan Dunia Halal merupakan minyak yang dibuat dari kelapa, diproses dengan cara pemanasan terkendali dan bisa juga tanpa pemanasan, tanpa menggunakan bahan kimia dan RDB. Manfaat dari minyak kelapa juga dimanfaatkan untuk bahan bakar.
Berikut ini merupakan perbedaan minyak goreng sawit dan kelapa yang harus anda ketahui :

•    Kandungan kalori
Untuk kandungan minyak sawit memiliki kandungan energi yang tinggi yaitu 1 sdm menyimpan 120 kalori, sedangkan untuk minyak kelapa dalam 1 sdm memiliki 117 kalori. Walaupun memiliki jumlah kalori yang berbeda namun keduanya memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

•    Kandungan lemak
Untuk kandungan lemak yang ada pada minyak kelapa cukup tinggi, yaitu 90% lemak jenuh. Sedangkan untuk minyak sawit memiliki kandungan minyak jenuh dan tidak jenuh dengan rasio 1:1. 

•    Pertumbuhan
Untuk minyak kelapa tumbuh di daerah eksotis, daging buahnya disebut daging kelapa atau dikenal dengan nama kopra yang memiliki warna putih, dan bisa dimakan. Daging kelapa ini yang mengandung kelapa. Untuk minyak sawit merupakan tumbuhan yang tumbuh dari rumpun palem, namun memiliki warna yang sangat berbeda dengan minyak kelapa, untuk minyak sawit ini memiliki warna merah-orange. 

•    Negara penghasil minyak
Untuk minyak goreng sawit penghasil utama dihasilkan oleh negara Indonesia, namun untuk minyak goreng kelapa negara penghasil paling besar adalah Filipina. 

•    Harga
Untuk harga minyak kelapa lebih mahal dibanding dengan minyak sawit, sehingga tidak heran jika harga minyak kelapa lebih mahal dibanding dengan harga minyak goreng sawit.
Selain minyak sawit dan minyak kelapa, ada banyak jenis minyak goreng lainnya yang bisa dicoba yaitu minyak goreng minyak zaitun, minyak canola, minyak biji anggur, minyak wijen dan ada juga minyak kacang. Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh yang tinggi, untuk anda yang sangat peduli dengan kesehatan sangat cocok menggunakan minyak jenis ini. namun minyak ini memiliki kekurangan karena memiliki titik didih yang sangat rendah. 

Minyak yang kedua adalah minyak canola, yaitu minyak yang memiliki minyak tak jenuh sebesar 62%, memiliki rasa netral dan titik asap yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk memasak. ketiga ada minyak biji anggur, minyak ini memiliki lemak tak jenuh ganda yang sangat tinggi. ketiga ada minyak kacang, yaitu minyak yang digunakan untuk memasak, di dalam minyak ini mengandung phytosterol yang berguna untuk jantung. 


Dan yang terakhir ada minyak wijen yang memiliki  khasiat untuk mencegah diabetes, mampu meningkatkan glukosa pada penderita diabetes hipersensitif. Semua jenis minyak diatas memiliki kelebihan masing-masing, dan jika anda ingin mendapatkan minyak kelapa, minyak sawit atau minyak lainnya maka bisa mengunjungi ke DuniaHalal.com, dapatkan juga kebutuhan lainnya di tempat belanja keren ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar