Helzz.com

Blog HelDa

Senin, 10 Desember 2018

Inilah Proses Pengenalan Bubur Bayi 6 Bulan

Bubur Bayi 6 Bulan

Bubur bayi 6 bulan penting untuk diberikan kepada bayi usia 6 bulan yang baru saja lulus pemberian ASI eksklusif tahap pertama. Setelah menginjak usia 6 bulan maka bayi bisa mulai belajar mencerna makanan tambahan. ASI tetap diberikan sebagai sumber makanan utama namun diberikan juga bubur bayi yang digunakan sebagai pendamping atau disebut juga MPASI (makanan pendamping ASI).

Bayi memiliki sistem pencernaan yang belum terbentuk sempurna dan belum bisa berfungsi sebagaimana sistem pencernaan orang dewasa. Artinya, meskipun ia sudah bisa belajar makanan pendamping ASI, namun orang tua harus benar-benar selektif memilih jenis bubur dan memperhatikan tekstur bubur agar anak bisa memakannya dengan tenang. 

Dimulai dari Bahan dan Tekstur
Bagi anda orang tua yang memiliki anak memasuki usia 6 bulan, maka anda harus memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat bubur bayi 6 bulan. Jangan asal memberikan bubur kepada bayi tanpa tahu apa saja bahan yang digunakan. Pastikan bahan yang dipakai untuk mengolah bubur adalah bahan yang segar dan bergizi tinggi.

Selanjutnya, orang tua harus memperhatikan seperti apa tekstur dari bubur yang akan diberikan kepada anak. Untuk bayi yang masih berusia 6 bulan dan baru akan mengonsumsi makanan tambahan untuk pertama kalinya, maka bubur yang diberikan harus memiliki tekstur yang sangat halus bahkan cenderung cair. Jangan sekali-kali coba memberikan bubur yang kasar kepada bayi usia 6 bulan.

Pencernaan Bayi
Sistem pencernaan yang belum sempurna membuat bayi masih harus mengonsumsi makanan yang benar-benar halus atau cenderung cair. Ketika bayi memasuki usia 6 bulan berarti ia baru mengenal ASI sebagai sumber makanan utamanya. ASI memiliki bentuk cair yang sangat mudah dicerna. Artinya, makanan pendamping pertama bayi juga harus memiliki wujud yang hampir sama seperti ASI.

Setelah bayi bisa menerima makanan pertamanya, barulah kemudian orang tua meningkatkan tekstur dari makanan yang dikonsumsi bayi. Secara perlahan, ubahlah tekstur makanan bayi dari yang mulai sangat halus mendekati cair, halus sedang, sedikit kasar, dan begitu seterusnya. Peningkatan tekstur bubur dilakukan perlahan-lahan agar sistem pencernaan bayi terbiasa dan bisa terbentuk sempurna.

Mengenalkan MPASI kepada Bayi
Bagiamana bayi yang biasanya minum ASI setiap hari kini harus makan bubur MPASI? Tentu bukan hal yang mudah bagi bayi untuk menerima hal baru. Sebagai orang tua, anda wajib mendampingi anak anda dengan cara yang halus dan penuh kesabaran. Untuk membiasakan bayi  menerima MPASI, cobalah lakukan perlahan-lahan.

Berikan sedikit demi sedikit MPASi kepada bayi anda dan jangan pernah memaksa. Tak perlu habis satu mangkuk, cukup berikan satu sampai tiga sendok. Seiring dengan berjalannya waktu, bayi anda pasti bisa menerima bubur bayi 6 bulan yang diberikan sebagai MPASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar