Helzz.com

Blog HelDa

Selasa, 29 Januari 2019

5 Pemanis Alami yang Bisa Menggantikan Gula Pasir Pada Es Buah

ES BUAH

Es buah yang terdiri dari berbagai macam buah segar dipadukan dengan sirup cocopandan, susu kental manis dan es serut memang terasa menggoda selera. Selain itu, penggunaan gula pasir memang identik sebagai pemanis tambahan pada minuman es buah yang terkenal nikmat ini. 

Namun, tahukah Anda bahwa orang yang berusia lebih dari 11 tahun dilarang mengkonsumsi gula pasir lebih dari 30 gram per hari? Hal ini telah diungkapkan oleh National Health System (NHS) Choice sebagai lembaga kesehatan Inggris yang terpercaya lho! 

Lalu, bagaimana kalau Anda ingin mengkonsumsi minuman yang lebih manis tanpa mengabaikan risiko kesehatan? Ternyata Anda bisa menggunakan opsi pemanis alami lain sebagai pengganti gula pasir. Berikut 5 pemanis alternatif yang bisa Anda jadikan bahan pengganti gula pasir yang rekomended. 

1.    Madu
Siapa yang tidak mengenal madu sebagai pemanis alami yang lebih baik dari gula pasir? Sebenarnya madu juga memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang selisih sedikit saja dari gula pasir. Hanya saja madu mengandung gizi lebih tinggi yang tidak dimiliki gula pasir seperti mineral berupa magnesium, kalium, zinc, zat besi, antioksidan dan beberapa jenis vitamin menyehatkan. 

Pemanis ini bisa menetralisir efek radikal bebas dan membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sebagai catatan, Anda harus menggunakan bahan madu alami tanpa tambahan zat lain, ya!

2.    Stevia
Bagi sebagian besar orang di Indonesia, mungkin nama stevia sebagai pengganti gula kurang begitu dikenal. Ya, stevia merupakan tumbuhan asli Amerika Selatan ini dimanfaatkan sebagai pemanis alami. Hal ini dikarenakan daun stevia mengandung rasa manis yang telah banyak diolah menjadi kemasan serbuk, cair atau tablet. 

Kelebihan lain yang dimiliki pemanis alternatif ini adalah tidak memiliki kalori dan karbohidrat sehingga direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengkonsumsi minuman manis tanpa takut gemuk. 

3.    Kurma
Cara membuat es buah konvensional memang bisa Anda coba praktikkan sendiri di dapur. Tetapi, kenapa tidak mencoba melakukan inovasi terbaru? Anda bisa mengganti gula pasir sebagai pemanis minuman dengan bahan yang lebih sehat seperti kurma.
Satu biji kurma mengandung banyak zat bergizi seperti potassium, zat besi, magnesium dan vitamin B6 yang mudah dicerna dan baik bagi kesehatan tubuh. Toh, kurma telah diolah menjadi sirup yang bisa Anda tuangkan pada makanan atau minuman dengan takaran yang lebih mudah. Praktis, bukan? 

4.    Gula kelapa
Gula kelapa juga bisa dijadikan alternatif pengganti gula pasir sebab mengandung indeks glikemik lebih rendah dan kaya mineral. Meski cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tekanan darah tinggi, konsumsi gula kelapa sebagai pemanis alternatif tetap harus dibatasi. 

5.    Sirup mapel
Sirup mapel memang terdengar awam di telinga orang Indonesia. Tetapi, sirup ini sering ditambahkan sebagai pemanis alami di western sana. Sirup mapel bisa menjadi solusi alternatif mendapatkan citarasa manis tanpa takut dengan kandungan kalori yang tinggi. Sirup ini lebih direkomendasikan sebagai bahan pemanis alami sebab kaya akan antioksidan yang bisa menangkal pengaruh buruk radikal bebas. 

Kelima pemanis alami di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin hidup lebih sehat. Dapatkan manfaat dalam setiap nutrisi yang dimiliki pemanis alami. Anda bisa mencoba membuat es buah dengan bahan pemanis alternatif ini sebagai solusi yang lebih sehat. Mendapatkan khasiat sehat dari buah kaya nutrisi dan pemanis alami tanpa bahan tambahan, kenapa tidak? Yuk, ganti gula pasir Anda dengan 5 bahan pemanis alami di atas ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar