Helzz.com

Blog HelDa

Senin, 14 Januari 2019

Manfaat Mainan Bayi bagi Pertumbuhan dan Perkembangannya

Pertumbuhan dan perkembangan bayi akan berjalan optimal dengan pemberian nutrisi yang cukup. Langkah awal dimulai dengan pemberian ASI Eksklusif, setelah itu dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI. Selain itu Anda bisa menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan mainan bayi

Mainan Bayi

Meski begitu tetap pilihkan mainan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Banyak mainan yang dijual di pasaran, namun tidak semua mainan tersebut aman dan bernilai edukasi. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memilihkan mainan yang tepat untuk si kecil agar stimulasi yang diberikan dapat mengoptimalkan daya tumbuh kembang anak.

Manfaat Mainan untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Lantas apa saja manfaat dari mainan bayi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.  

1.    Melatih Otot Bayi
Manfaat mainan yang akan didapatkan oleh bayi untuk melatih otot-ototnya. Mainan akan membuat bayi memiliki fisik yang terlatih, otot yang kuat, sehingga membuat bayi memiliki tenaga yang kuat dan sehat. Mainan yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat ini seperti mainan kerincing yang dapat melatih otot tangan bayi. 

Anda dapat memilih mainan kerincing yang ada musiknya. Pada mainan terdapat bundaran untuk pegangan yang memudahkan anak untuk memainkannya. Pilih mainan yang beratnya ringan agar anak tidak merasa keberatan dan tidak membuat tangannya mudah kelelahan. 

2.    Melatih Motorik Halus dan Kasar
Latihan motorik juga bisa didapatkan ketika bayi diberikan mainan yang sesuai. Mainan tersebut akan membantu melatih motorik halus dan kasar yang dimilikinya untuk melakukan koordinasi. Anda bisa melihat perkembangan motorik ini dari kemampuan bayi menggerakan mata, tangan, atau pun kakinya. 

Mainan bayi yang bisa Anda gunakan untuk melatih motorik halus dan kasar ini seperti mainan gantung yang bisa berputar. Mainan ini akan membuat mata bayi mengikuti putarannya. Bayi akan menikmati putaran mainan, sehingga tidak rewel lagi. 

3.    Melatih Pendengaran
Perkembangan bayi juga dapat dilihat dari kemampuannya merespon suara yang didengar. Pada saat bayi baru lahir, tidak langsung dapat merespon ketika Anda memanggilnya. Seiring pertumbuhan bayi akan memiliki kemampuan mendengar saat dipanggil namanya.
Anda bisa melakukan stimulasi dengan memberikan mainan yang berbunyi. Misalnya mainan yang mengeluarkan suara musik saat digoyangkan oleh bayi. Contoh mainannya gantungan di kota tempat tidur bayi yang bisa berputar dan mengeluarkan suara. Bayi akan pelan-pelan menjadi lebih cepat dalam merespon bunyi yang didengarnya. 

4.    Melatih Kemampuan Tangannya
Saat bayi Anda telah berusia lebih dari enam bulan, maka penting untuk memberikannya mainan yang dapat dipegangnya. Mainan ini akan melatih kemampuan tangannya untuk memegang. Ketika bayi sudah terbiasa memegang sesuatu, Anda bisa mulai mengajarkannya cara makan dengan memberikan sendok khusus untuk bayi.

Anda bisa melakukan stimulasi ini dengan menggunakan mainan bayi berupa boneka. Pilihlah boneka yang teksturnya lembut agar tidak mulai bayi. Ukuran boneka juga pilih yang lebih besar dari mulutnya agar bayi tidak memasukkan mainan tersebut ke dalam mulutnya. Anda bisa memilih boneka dari tokoh kartun yang ada sebagai pilihan. 

5.    Kelincahan Kaki
Mainan juga bermanfaat untuk membantu kelincahan kaki. Anda bisa memberikan bola sebagai mainan bayi untuk bermainnya. Ini bisa mulai dilakukan setelah bayi pandai merangkak. Bola yang dimainkan akan memberikan stimulasi pada bayi untuk mengejarnya.
Gunakan bola yang berukuran kecil sebagai pilihan dan terbuat dari karet yang ringan. Anda pun bisa bermain bersama bayi di rumah pada sore hari dan mencontohkan padanya cara menendang. Permainan ini sangat membantu perkembangan bayi agar bisa segera berjalan. 

Pertumbuhan dan perkembangan bayi perlu dipantau agar Anda bisa mengetahui prosesnya berjalan optimal atau tidak. Lakukan stimulasi agar bisa semakin cepat dengan menggunakan mainan bayi. Anda tinggal memilih mainan yang tepat untuk diberikan dengan bayi sesuai umurnya. Pastikan mainan yang diberikan tidak membuat bayi terluka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar