Helzz.com

Blog HelDa

Kamis, 31 Januari 2019

Tak Hanya Ibu yang Membutuhkan Spa, Bayi Pun Harus Dimanjakan dengan Baby Spa

Saat ini baby spa sedang banyak menjadi perhatian para ibu yang mempunyai bayi atau balita. Bukan hanya menjadi trend, namun spa bayi ini memang mempunyai banyak manfaat positif untuk perkembangan anak. Baik untuk fisik maupun mental anak. Selain itu, melalui baby massage ini juga bisa terbangun komunikasi non-verbal yang sangat penting di masa tumbuh kembang anak. 
Baby Spa

Sudah ada beberapa salon khusus bayi yang menyediakan fasilitas spa bayi. Namun memang biaya yang harus dipersiapkan tidak sedikit, ada juga yang memberikan harga hampir sama dengan spa orang dewasa. Nah, Anda tidak usah khawatir karena spa bisa dilakukan sendiri di rumah dengan biaya yang lebih sedikit. Ini dia beberapa tips mudah untuk baby spa di rumah :

1.    Membuat suasana menjadi lebih rileks dan tenang
Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan membuat suasana tenang bisa membangun mood anak menjadi lebih rileks. Akan lebih bagus lagi, jika Anda membuat suasana jadi lebih minim cahaya agar suasana tenang juga lebih terasa. Anda bisa meredupkan cahaya lampu atau menutup gorden, agar suasana menjadi rileks.

Nah, agar suasana semakin nyaman, Anda bisa memutar musik dengan alunan yang menenangkan. Ditambah juga dengan lilin aroma terapi bisa membuat anak semakin rileks dan tenang.

2.    Membiarkan anak berendam dalam bak
Berendam ketika spa bayi tidak harus di dalam kolam khusus, Anda bisa memakai bathtub sebagai penggantinya. Isi bathub dengan air hangat dan pakaikan pelampung leher khusus anak dan biarkan ia bergerak dengan bebas di dalam air.

3.    Pemijatan bayi
Nah ini dia bagian utama dari spa bayi. Dengan melakukan pemijatan yang tepat, bisa menstimulasi syaraf psikomotorik yang ada pada bayi. Ketika memijat, jangan lupa untuk memberikan sedikit tekanan agar kulit, otot, dan syarafnya ikut terstimulasi. Ini memiliki tujuan untuk memberikan efek relaksasi, melancarkan peredaran darah, dan peredaran limpa atau getah bening.

4.    Membersihkan tubuh bayi dengan memandikan
Setelah selesai memijat, Anda bisa memandikan bayi seperti biasa agar bayi bisa kembali segar. Anda bisa memakaikan sabun dan shampo bayi yang cocok untuk menutrisi kulit dan membuatnya kembali bersih. Usap dan beri pijatan ringan pada tubuh agar terstimulasi. Ketika bayi mandi bisa memberikan suasana ayunan air seperti yang dirasakan ketika masih berada dalam rahim.

5.    Memberi perlindungan dengan menggunakan minyak telon
Setelah Anda selesai memandikan bayi, jangan biarkan dia merasa kedinginan, karena saat bayi merasa kedinginan, kebutuhan kalorinya akan bertambah. Maka dari itu, Anda bisa memberikan minyak telon agar mengembalikan kehangatan tubuh. Selain memberi kehangatan, minyak telon juga memberi manfaat untuk melindungi tubuh bayi dari masalah perut yang kembung disebabkan masuk angin.

6.    Memberikan wewangian
Nah, tentu sebagai ibu, Anda ingin anak selalu wangi bukan? Maka dari itu, sebelum anak dipakaikan baju, Anda bisa memberikan lotion khusus bayi di area kulit yang mudah kering, misalnya bagian paha, lengan, kaki, agar bagian-bagian tersebut kelembabannya terjaga.

Itu dia beberapa langkah mudah untuk mempraktekkan baby spa di rumah. Tentu langkah-langkah tersebut cukup mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Namun, sebelum Anda melakukan spa pada bayi ini, perlu diketahui sebaiknya spa bayi dilakukan ketika anak sudah berusia 3 hingga 6 bulan. Karena pada usia tersebut kepala bayi sudah kuat dan juga tegak. Selain itu, anak juga sudah mempunyai refleks untuk menyelam ataupun berenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar