Helzz.com

Blog HelDa

Minggu, 31 Mei 2020

Ternyata Berbuka dengan Makanan Manis Tak Bisa Sembarangan Lho

Makanan Manis Kurma
 
Keinginan berbuka dengan yang manis sesudah seharian penuh berpuasa memang terasa begitu menyegarkan. Pilihan berbuka seperti kolak pisang, es buah, atau malah teh manis hangat memang begitu menggoda. Namun, apakah Anda tidak tahu bila hal tersebut malah kurang baik untuk kesehatan? 
 
Sebenarnya, ketika berbuka puasa, Anda harus memulainya dengan mengembalikan cairan tubuh yang hilang, seperti menggunakan 2 gelas air putih. Sesudah itu, Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula sebagai pemulih energi. Walaupun demikian, gula yang harus dikonsumsi, lebih baik bukan gula buatan atau gula pasir. Pilihan yang terbaik adalah gula alami dari buah dan sayur.
 
Manfaat Berbuka Makanan Manis
Berbuka dengan minuman atau makanan manis sebenarnya menjadi sebuah anjuran. Saat manusia berpuasa, kadar gula dalam darah mengalami penurunan, sehingga menyebabkan tubuh terasa lemas, tak berenergi dan mengantuk. Agar dapat mengembalikan energi yang hilang, kita dianjurkan mengkonsumsi gula agar lebih bertenaga.
 
Namun, makanan yang menggunakan gula tambahan justru kurang baik saat dikonsumsi dengan jumlah berlebihan. Tak hanya itu, asupan gula tambahan yang tak murni dapat membuat lonjakan kalori yang berada di dalam tubuh. Terlalu banyak kalori malah dapat menaikkan berat badan sesudah ramadhan. 
 
Tips Mengkonsumsi Makanan Manis untuk Berbuka
Berikut beberapa pilihan makanan manis untuk berbuka puasa, antara lain:
 
1.    Kurma
Ketika harus berbuka dengan makanan-makanan manis, kurma menjadi jawabannya. Kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka, hal ini karena kandungan gula alami di dalamnya membuat kurma menjadi camilan terbaik.

Anda dapat mengkonsumsi kurma dalam bentuk kurma kering. Biasanya kurma kering banyak dijual di toko-toko ketika bulan ramadhan. Namun, Anda harus cermat dalam melihat kandungan gula di kemasannya, pilih kurma yang minim kandungan gula.

2.    Jus tanpa gula
Jika ingin mengkonsumsi jus, lebih baik pilih jus yang tanpa menggunakan gula tambahan, susu kental manis dan pemanis lainnya.

3.    Buah-buahan
Tak hanya kurma, buah juga menjadi makanan yang menjadi sumber gula alami serta baik dikonsumsi ketika buka puasa.
 
Jadi, sudah memikirkan makanan yang cocok untuk berbuka puasa nanti? Untuk informasi menarik lain, klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar