Helzz.com

Blog HelDa

Jumat, 28 Agustus 2020

Menghitung Kebutuhan Kapasitas Genset untuk Penyelenggaraan Acara

Rental Genset Acara

Generator listrik atau genset dapat membantu menjamin kelancaran pasokan daya listrik bagi perusahaan dan sebagai backup cadangan apabila sewaktu-waktu terjadi masalah pada aliran daya listrik PLN. Untuk itulah perusahaan dan institusi harus menyewa genset dengan kapasitas yang mumpuni untuk menjamin aliran daya listrik tetap terjaga. Begitupun saat menyelenggarakan acara, maka biasanya panitia akan rental genset untuk memasok kebutuhan daya listrik ke acara tersebut. 
 
Kalkulasi Kebutuhan Kapasitas Genset untuk Acara
Mengkalkulasi kebutuhan beban daya listrik untuk menyelenggarakan acara sebelum menyewa genset sangatlah penting agar Anda tidak sampai salah memilih genset. Memilih genset berkapasitas terlalu besar tentu akan memboroskan biaya jika beban listrik yang dibutuhkan tidak sebesar itu. Namun, genset berkapasitas terlalu kecil juga tidak mumpuni jika beban lebih besar.
 
1. Pertimbangkan Beban Daya Listrik
Beban daya listrik untuk penyelenggaraan acara tentu sangat bervariasi. Misalnya saja untuk acara konser tentu membutuhkan pasokan daya listrik besar baik itu pencahayaan, peralatan musik, mic, dan sebagainya. Sementara untuk acara kuliah akbar akan membutuhkan pasokan daya listrik terutama untuk LCD, pengeras suara, pencahayaan dan sebagainya. Perhitungkan total beban daya listrik yang dikeluarkan berdasarkan peralatan listrik yang Anda gunakan sebelum menyewa genset.
 
2. Pertimbangkan Spesifikasi Genset
Spesifikasi genset yang harus diperhitungkan di sini tentu saja selain kapasitas adalah efisiensi genset. Anda harus mengetahui bahwa genset memiliki batas efisiensinya masing-masing yang tidak mencapai 100%. Sehingga meski keterangan pada genset tersebut mampu menghasilkan output daya 100 kVA, tidak berarti bahwa daya yang dihasilkan bisa mencapai sebesar ini. 
 
Genset yang bagus dan banyak ditemukan di pasaran umumnya memiliki efisiensi sebesar 80%. Anda bisa menanyakan kepada pihak vendor berapa efisiensi yang dimiliki oleh genset tersebut sehingga bisa diperhitungkan dengan tepat daya outputnya.
 
Percayakan kebutuhan backup daya kelistrikan Anda dengan menyewa produk Sewatama. Sewatama telah lebih dari 20 tahun berkiprah di industri penyewaan genset dan pembangkitan daya listrik di tanah air. Layanan yang diberikan oleh Sewatama menjangkau berbagai daerah di tanah air hingga ke pelosok-pelosok daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar