Helzz.com

Blog HelDa

Senin, 07 September 2020

4 Profesi yang Tidak Membutuhkan Pendidikan Tinggi

Bukan rahasia lagi jika mayoritas pelajar SMK memilih sekolah kejuruan agar bisa langsung terjun ke lapangan kerja usai lulus sekolah. Sayangnya, persaingan memasuki dunia profesional kian ketat dari tahun ke tahun—terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini. Oleh sebab itulah, program CSR pendidikan One4One dari ASI Asia Pacific disiapkan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, One4One merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam bidang pendidikan. Program ini bertujuan untuk membantu para tenaga kerja lulusan SMA dan/atau SMK melalui kegiatan asesmen bimbingan karier. Melalui One4One, siswa-siswi SMA dan/atau SMK dapat mengetahui minat dan bakatnya dan menentukan pilihan karier berdasarkan kedua hal tersebut.

Meski begitu, bukan berati lulusan SMA dan SMK tidak bisa mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang dan kesempatan kerja layak. Berikut adalah beberapa profesi dasar yang senantiasa banyak dibutuhkan di industri kerja. 

 
Operator Pabrik
Selain bertanggung jawab dalam mengoprasikan mesin-mesin produksi, operator pabrik juga bertanggung jawab untuk memberikan laporan kerja harian, mingguan, atau bulanan pada supervisor. Melihat beban kerja profesi ini cukup berat, umumnya gaji yang diberikan utuk operator pabrik terbilang cukup tinggi, meski hanya lulusan SMA ataupun SMK. 

Call Center e-commerence
Selain profesi pekerja pabrik, saat ini banyak e-commerce yang mempekerjakan tenaga kerja lulusan SMA dan SMK di sektor pusat panggilan atau call center mereka. Profesi ini umumnya berkutat dengan menerima panggilan telepon yang masuk, menjawab berbagai keluhan pelanggan, memberikan solusi cepat, serta mencatat semua mandatory yang disampaikan ke perusahaan. Skill penting bagi lulusan SMA dan SMK yang ingin menjajal profesi ini adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Memahami dan bisa menggunakan bahasa asing dengan baik juga menjadi nilai plus bagi kandidat.  

Asisten Dokter Gigi
Umumnya menjadi seorang asisten dokter memerlukan basic pendidikan yang tinggi. Namun, lulusan SMA atau SMK masih memiliki kesempatan untuk bisa menjadi asisten dokter gigi. Sebab, beberapa dokter gigi umum kerap membuka kesempatan karyawan magang di bidang layanan kesehatan gigi untuk siswa-siswi dengan bidang ilmu eksak (IPA). Atas pengalaman ini, pelajar lulusan SMA bisa menempuh karier sebagai seorang asisten dokter gigi.

Customer Service
Pada dasarnya tugas seorang customer service hampir mirip dengan call center, yaitu memberikan layanan kepada pelanggan serta menanggapi seluruh keluhan terkait servis perusahaan melalui platform komunikasi. Maka dari itu, kemampuan komunikasi yang baik sangatlah dibutuhkan untuk bisa menjalani profesi ini. 

Demikianlah ulasan 4 profesi yang bisa dicapai tanpa pendidikan tinggi. One4One  akan membantu siswa-siswi menemukan preferensi pekerjaan yang sesuai dengan atribut pribadi sekaligus memberikan keleluasaan untuk mengakses segala informasi tentang pekerjaan yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar